Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri mengadakan kegiatan workshop untuk dosen, guru, dan mahasiswa di Kampus 1 Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. Ahmad Dahlan No. 76, Mojoroto, Kota Kediri. Workshop ini mengusung dua tema, yang pertama yaitu “Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen dan Guru PPKn di Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” dan tema yang kedua yaitu “Workshop Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”. Workshop ini memiliki dua tujuan utama yaitu meningkatkan pengetahuan peserta tentang bagaimana tahapan  penulisan proposal yang baik serta proses publikasi artikel ilmiah dan melahirkan banyak proposal PKM yang matang dan lolos.

Workshop ini menghadirkan dua pemateri yang ahli dalam bidangnya, yaitu Guruh Sukma Hanggara, M.Pd selaku Dosen Program Studi Bimbingan Konseling dan Jatmiko, M.Pd selaku Dosen Program Studi Matematika. Peserta workshop ini terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa Program Studi PPKn. Workshop ini dibagi menjadi dua sesi dengan tema serta pemateri yang berbeda. Pada tema “Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen dan Guru Program Studi PPKn Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” ini pesertanya adalah Guru dan Dosen Program Studi PPKn lalu dilanjutkan pada tema yang kedua “Workshop Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)” ini pesertanya adalah Mahasiswa Program Studi PPKn. Kegiatan workshop ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 25 Juli 2022 di Ruangan E1-E2 Kampus 1 Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dalam sesi workshop dengan tema “Workshop Peningkatan Kapasitas Dosen dan Guru PPKn Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”, Guruh Sukma Hanggara, M.Pd beliau membawakan materi tentang Penulisan Proposal Hibah KEMENDIKBUD RISTEK dan Publikasi Artikel Ilmiah. Dalam materi tersebut beliau menyampaikan tentang bagaimana tahapan pengajuan proposal di Simlibtamas,  kriteria penilaian penelitian di Simlibtamas, bagaimana  merefleksikan proposal penelitian yang telah di buat sesuai kriteria yang telah dipahami, bagaimana kriteria penilaian PKM di Simlibtabmas, merefleksi proposal PKM yang telah di buat sesuai kriteria yang telah dipahami, bagaimana karakteristik struktur dari artikel ilmiah dan proses publikasi artikel ilmiah.

Selanjutnya dalam sesi workshop dengan tema “Workshop Peningkatan Kapasitas Mahasiswa Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”, Jatmiko, M.Pd beliau membawakan materi tentang Pengenalan dan Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa dan PIMNAS. Dalam materi tersebut beliau menyampaikan tentang pengertian PKM, bentuk kegiatan PKM, bidang PKM, jenis-jenis PKM, manfaat PKM, serta tips agar lolos PKM. Beliau mengatakan terapkan “ATM” Amati, Tiru, Modifikasi yang artinya saat kita membuat sesuatu produk baru bukan berarti kita membuat produk tersebut dari awal namun kita bisa memodifikasi produk lama dengan kreatifitas yang kita punya dan menyesuaikan dengan zaman sekarang.  Beliau juga mengatakan jika kita bersungguh-sungguh dan semangat dalam mengerjakan sesuatu pastinya hal tersebut akan berbuah baik. Pastinya hal tersebut juga dibarengi dengan do’a terbaik versi kita. (SEP)

Instagram Prodi PPKn UNP Kediri:
http://instagram.com/ppkn_unpkediri

Instagram Himaprodi PPKn UNP Kediri:
http://instagram.com/hmppkn_unpkdr

Fanpage FB Prodi PPKn UNP Kediri:
http://facebook.com/ppknunpkediri

Web Prodi PPKn UNP Kediri:
http://ppkn.unpkediri.ac.id

Youtube Prodi PPKn UNP Kediri:
https://bit.ly/ppknunpkediri
https://s.id/profilppkn2020

Email Prodi PPKn:
ppkn.fkip@unpkdr.ac.id

Daftar Kuliah:
http://pmb.unpkediri.ac.id

https://lynk.id/ppknunpkediri

Prodi PPKn UNP Kediri
Kampus 1 Gedung A UNP Kediri
Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 76 Kediri 64112
Jawa Timur
085790914020

Leave a Comment

three × five =