Visi Program Studi:

Menjadi program studi yang unggul untuk menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang profesional dan inovatif dalam pengembangan IPTEKS.

Visi Keilmuan:

Menjadi penyelenggara Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlandaskan ilmu pendidikan dan pembelajaran serta konsep-konsep Ilmu Politik, Pemerintahan, Hukum, Sosiologi, Antropologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta hasil penelitian adaptif untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan inovatif dalam pengembangan PPKn.

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan akademik yang memberdayakan mahasiswa dengan menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi.
  2. Melaksanakan penelitian bidang PPKn dan pembelajarannya yang berwawasan multikultural.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berorientasi kearifan lokal.
  4. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi mitra dan institusi lain sesuai bidang PPKn untuk mendukung pencapaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Melaksanakan tata pamong dan layanan yang transparan dan akuntabel untuk mendukung pencapaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang kependidikan dan pemerintahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian di bidang kependidikan dan pemerintahan.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan pengabdian masyarakat di bidang kependidikan dan pemerintahan yang berorientasi kearifan lokal.
  4. Tercipta kerja sama dengan perguruan tinggi mitra dan institusi lain sesuai bidang PPKn untuk mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Menghasilkan tata pamong dan layanan yang kredibel, transparan dan akuntabel untuk mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Strategi Pencapaian:

a. Untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang kependidikan dan pemerintahan, dilakukan dengan:

  1. Peningkatan kualitas pembelajaran Dapat dilihat dari keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran (pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa), metode pembelajaran yang bervariatif, meningkatnya indeks prestasi mahasiswa, meningkatnya tertib administrasi dosen. Proses pembelajaran dalam kampus dan luar kampus, seperti program MBKM (Program Kampus Mengajar-4)
  2. Peningkatan sumber daya dosen dan tenaga kependidikan Program Studi S-1 Pendidikan Pancasila dan 11 Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI 2022 Dapat dilihat dari jumlah dosen yang bersertifikat pendidik, jabatan fungsional akademik dosen, jenjang akademik dosen (studi lanjut dosen).
  3. Peningkatan daya saing mahasiswa Dapat dilihat dari capaian indeks prestasi kumulatif mahasiswa di atas 3.00. Dapat dilihat juga dari capaian kejuaraan mahasiswa, keberhasilan lulusan/alumni dalam lapangan pekerjaan. Upaya peningkatan daya saing dapat dilakukan dengan membekali mahasiswa teori dan praktik pembelajaran yang dilaksanakan dikampus dan dilanjutkan dengan praktek lapangan persekolahan. Mengembangkan soft skills mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan kemahasiswa seperti latihan dasar kepemimpinan, latihan public speaking.

b. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian di bidang kependidikan dan pemerintahan.

  1. Peningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen. Dapat dilihat dari jumlah penelitian dan jumlah publikasi ilmiah baik di seminar-seminar maupun jurnal. Hibah penelitian yang diperoleh dosen. Partisipasi dosen dalam workshop-workshop penelitian.
  2. Peningkatan kapasitas dosen dalam menulis jurnal ilmiah. Dapat dilihat dari jumlah artikel ilmiah dosen. Semua hasil penelitian dosen dapat dipublikasikan dalam ke jurnal nasional terakreditasi atau seminar/prosiding seminar.
  3. Peningkatan keterlibatan mahasiswa  dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dapat diketahui dari semakin banyak mahasiswa yang terlibat aktif dalam penelitian dosen dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik yang dilakukan oleh dosen maupun oleh program studi.

c. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan pengabdian masyarakat di bidang kependidikan dan pemerintahan yang berorientasi kearifan lokal.

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Dapat dilihat dari jumlah proposal dan jumlah laporan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen. Upaya untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam membuat dan melaksanakan proposal PKM melalui workshop-workshop. Diharapkan kuantitas dan kualitas proposal pengabdian kepada masyarakat semakin meningkat.
  2. Meningkatkan kapasitas dosen dalam penulisan artikel pengabdian masyarakat melalui workshop/detasering PKM. Dapat dilihat semakin banyak artikel dosen yang terpublikasi dalam jurnal.
  3. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan program studi dan dosen dan dengan kegiatan sosial studi.

d. Tercipta kerja sama dengan perguruan tinggi mitra dan institusi lain sesuai bidang PPKn untuk mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  1. Peningkatan kerja sama dengan perguruan tinggi mitra yang diikuti dengan tindaklanjut program-program kegiatan kerja sama tersebut.
  2. Peningkatan kerja sama dengan lembaga atau institusi yang sesuai dengan visi, misi, tujuan PPKn dan diikuti dengan program kegiatan nyata.
  3. Menindaklanjuti semua bentuk kerjasama yang adadengan program kegiatan nyata.

e. Menghasilkan tata pamong program studi PPKn yang kredibel, transparan, dan akuntabel.

  1. Prodi melaksanakan tata pamong berdasarkan standar standar yang ditetapkan oleh Universitas/Fakultas.
  2. Meningkatkan pemahaman dosen dan tenaga kependidikan tentang tata pamong program studi.
  3. Membuat dan mensosialisasikan formulir-formulir standar kepada dosen, tenaga kependidikan.
  4. Meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak lain baik di bidang penelitian maupun bidang pengabdian kepada masyarakat.

Profil lulusan

Profil lulusan program studi PPKn S1 menghasilkan:

1. Pendidik dan peneliti di bidang PPKn

Pendidik: fasilitator pembelajaran PPKn yang kreatif, inovatif, memiliki kemampuan menggunakan teknologi  informasi untuk mengkaji perkembangan PPKn dan pembelajarannya, didukung kemampuan berorganisasi, berkomunikasi, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang berbasis budaya pancasila serta memiliki potensi  melanjutkan kependidikan  profesi dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Peneliti:  Mengkaji permasalahan PPKn dan Pemerintahan, mempublikasikan hasilnya dalam karya dan forum ilmiah, dengan dukungan kemampuan penguasaan IT, mengembangkannya ke jenjang lebih tinggi di bidang penelitian.

2. Aparatur Pemerintahan

Aparatur pemerintahan yang dapat melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, berintegritas tinggi, cermat, dan disiplin sesuai dengan ketentuan Undang-Undang, menguasai perkembangan IPTEKS, memiliki jiwa kepemimpinan dan pelayanan serta kemampuan memahami kebutuhan masyarakat.

Kebijakan terkait Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi dapat dilihat pada tautan berikut Kebijakan Visi-misi