Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Pembukaan Kegiatan oleh Kepala Desa Babadan

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Babadan, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, pada tanggal 22 – 24 Februari 2024 dengan tema “Membangun Intelektualitas, Kreativitas, dan Kepedulian Sosial Melalui Kolaborasi Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Pengabdian Masyarakat”. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 22 Februari pukul 19.00 WIB oleh Bapak Arif Priyo Wiyoko selaku Kepala Desa Babadan. Dihadiri oleh Kaprodi dengan dosen prodi juga para kepala dusun, perwakilan karang taruna, IPNU, IPPNU, dan ibu PKK. Setelah acara pembukaan, yaitu diadakan acara pengenalan desa oleh pemateri Kepala Dusun Babadan Bapak Imam Syafi’I dan Kepala Dusun Judeg Bapak Prapto Utomo yang dengan antusias disimak oleh seluruh anggota Himaprodi PPKn UNP Kediri.

Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: “Sosialisasi Stunting: Tantangan dan Solusi untuk Masyarakat yang Sehat dan Produktif”

Dalam Pengabdian Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri menemukan suatu permasalahan di Desa Babadan yaitu sedikit tingginya angka stunting di desa tersebut. Maka dari itu, diadakannya sosialisasi stunting dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak stunting pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Sosialisasi stunting diadakan pada hari Jum’at pada tanggal 23 Februari 2024 bertempat di Balai Desa Babadan. Pemateri kali ini adalah Ibu Susi Erna Wati, S.Kep. Ns., M. Kes, dosen dari Prodi Keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dihadiri oleh kader posyandu, tim kesehatan desa, serta ibu hamil dari Desa Babadan. 

Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Pemberdayaan UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Digital

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat mengadakan pelatihan kepada pelaku UMKM Desa Babadan sebagai permintaan untuk memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Pemateri kali ini adalah Bapak Rino Sardanto, S.Pd., selaku dosen prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024 di aula balai desa Babadan. Melalui pelatihan ini, diharapkan tercipta lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM secara berkelanjutan, serta memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat desa secara keseluruhan. 

Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Bakti Sosial kepada Masyarakat Desa Babadan

Selain mengadakan sosialisasi dan pelatihan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri juga turut terjun membantu masyarakat Desa Babadan. Acara membersihkan masjid sebelum sholat jumat dan juga penanaman ASMAN TOGA (Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga) bersama ibu-ibu PKK Pokja 3 turut dibantu oleh para anggota Himaprodi PPKn. Kemudian membantu branding UMKM pembuatan desain baru produk “NAMAKO” atau produk minuman olahan dari sari nanas madu yang di produksi sendiri oleh Bapak Koleksi salah satu pelaku UMKM di Desa Babadan.   Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Inovasi Baru untuk Pendidikan yang Lebih Maju Pembelajaran yang menyenangkan berangkat dari inovasi media belajar yang menarik. Kurangya budaya literasi di SD Babadan 1 dan 2 menjadi tujuan dari program ini sendiri yaitu meningkatkan budaya literasi di SD tersebut. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri membawa beberapa inovasi. Membuat Pojok Baca atau perpustakaan mini disetiap pojok kelas dengan buku yang diperoleh dari donasi. Kemudian membuat Kelas Inovasi yang bertujuan untuk mengajak murid-murid berinovasi dan berpikir kreatif yaitu membuat hiasan/ dekorasi kelas dengan bahan daur ulang seperti kaleng rokok, kertas, botol bekas dan memanfaatkan bahan-bahan dari limbah. Dalam program ini Himaprodi PPKn juga mengajar di bidang Pramuka dan ekstrakurikuler lainya. Di sore hari, kami inisiatif untuk membantu mengajar di TPQ karena banyak keluhan kurangnya guru untuk mengajar walau hanya selama beberapa hari. 

Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Berkolaborasi Menjalin Silaturahmi

Desa Babadan tentunya memiliki beberapa organisasi di dalamnya. Salah ketiganya adalah Karang Taruna, IPNU, dan IPPNU. Himaprodi PPKn mengadakan acara Do’a bersama karena telah disambut dengan baik di Desa Babadan sebagai syukuran agar kegiatan selama pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar. Kemudian di esok sore hari, kami mengadakan olahraga bersama Karang Taruna, IPNU dan IPPNU dengan tujuan lebih saling mengenal satu sama lain yang dilanjut dengan acara nonton bareng hingga malam hari. Diharapkan setelah kegiatan Pengabdian Masyarakat ini selesai, tali silaturahmi kami dengan para pemuda tetap terjalin.

Pengabdian Masyarakat Himaprodi PPKn: Penutupan Kegiatan dengan Penyerahan Cinderamata untuk Desa

Kegiatan Pengabdian Masyarakat selesai pada tanggal 24 Februari 2024. Penutupan kegiatan dilakukan oleh perwakilan dari desa yaitu Bapak Imam Syafi’i selaku Kepala Dusun Babadan. Sebagai penutup dari kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI Kediri memberikan cinderamata yang diberikan langsung oleh Ketua Program Studi Ibu Yunita Dwi Pristiani, S.Pd., M.Sc. kepada perwakilan desa. Demikian kegiatan ini telah dilaksanakan semoga kontribusi yang diberikan mendorong mahasiswa untuk terus aktif dalam pengabdian masyarakat, membentuk pandangan mereka tentang tanggung jawab dan peran mereka dalam pembangunan masyarakat. 

https://www.instagram.com/hmppkn_unpkdr

https://www.instagram.com/p/C4CfkxcpVAZ/

Leave a Comment

eighteen − 9 =