Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNP Kediri menggelar Workshop Pembelajaran bersama MGMP PPKn SMP Kota Kediri. Acara yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 16-12-2022, di Hall Kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri, dengan tema “Eksplorasi model-model pembelajaran PPKn sesuai profil pelajar Pancasila” dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri Ibu Dr. Mumun Nurmilawati, M.Pd.

Dalam workshop kali ini Bapak Dr. Agus Widodo, M. Pd. selaku dosen narasumber dari program studi PPKn UNP Kediri menjelaskan bahwa tidak ada metode/model pembelajaran yang sempurna tetapi bagaimana cara kita menyesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi.

Dalam menentukan metode pembelajaran harus menyesuaikan dengan bidang studinya, kendala dan karakteristik, tujuan pembelajaran lalu dapatlah dicapai hasilnya. Metode pembelajaran: 1. Strategi pengorganisasian pembelajaran (yang isinya materi). 2. Strategi penyampaian pembelajaran (yang isinya media, belajar, dan kegiatan belajar). 3. Pengelolaan pembelajaran (yang isinya penjadwalan strategi, pembuatan catatan, pengelolaan motivasi dan kontrol belajar).

Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dari program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNP Kediri bersama Ketua dari MGMP SMP Kota Kediri Ibu Atik Sumiatin, S.Pd.  dan guru serta kepala sekolah dari beberapa SMA/SMK/SMP. Acara tersebut terselenggara dengan cukup sukses. [HN]

Leave a Comment

ten + 14 =