Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri menjadi kampus yang tetap produktif di masa pandemi. Bahkan, di tengah berlangsungnya perkuliahan secara daring, total 273 mahasiswa atau kelompok mahasiswa mengikuti kompetisi tingkat nasional dan 50 persen lebih berhasil menjadi juara, finalis, atau lolos dalam program program MBKM Kemdikbud.

Selain itu, Kampus UNP Kediri juga meraih Anugerah Kampus Unggulan Wilayah VII Jawa Timur. Dan menempati peringkat ke-16 dari 323 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur serta peringkat II kategori penyatuan PT terbaik 2021. Karenanya, kampus yang beralamat di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Kediri itu layak mendapat penghargaan dari Jawa Pos Radar Kediri.

Pada malam penganugerahan Jawa Pos Radar Kediri Awards 2022 di Grand Surya Hotel, Rabu lalu (23/2), UNP Kediri menerima penghargaan Surviving Business Finance and Education. Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jawa Pos Radar Kediri Kurniawan Muhammad kepada Rektor UNP Kediri Zainal Afandi.

Yang istimewa, acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Plt Bupati Nganjuk Marhein Djumadi.

“Kami melihat langsung bagaimana capaian dan perkembangan UNP Kediri yang semakin maju dan menjadi PTS terbaik di Kediri. Bahkan, menempati peringkat 16 di Jatim. Ini luar biasa dan saya ucapkan selamat untuk UNP Kediri,” kata Kurniawan Muhammad.

Sementara itu, Rektor UNP Kediri Zainal Afandi juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Menurutnya, dukungan dari stakeholder akan lebih memperkuat posisi UNP Kediri ke depan untuk tumbuh menjadi PTS terbaik.

Zainal juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan tinggi di UNP Kediri. Di mana kepercayaan masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi pilihan favorit. “Hal ini terlihat dari pendaftar calon mahasiswa baru terus meningkat. Tahun 2021 tercatat 2.147 pendaftar dengan mahasiswa diterima sebanyak 1.904 orang,” beber Zainal.

Di samping itu, raihan prestasi mahasiswa terus bertambah. Mulai dari penelitian, kerja praktik magang, praktik kerja nyata di masyarakat serta menjuarai kompetisi di tingkat regional dan nasional. Banyak mahasiswa yang lolos dalam program MBKM Kemdikbud seperti Magang Bersertifikat dan Studi Independet Bersertifikat (MSIB), Talenta Inovasi Indonesia, Kampus Mengajar, dan lain lain. “Pada PON XX Papua, kemarin atlet dari UNP Kediri menyumbang dua medali emas dan dua medali perunggu,” pungkas Zainal.

Leave a Comment

16 − nine =