Visi:

Menjadi program studi teladan dalam menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di lingkup perguruan tinggi PGRI tingkat nasional pada tahun 2028.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang memberdayakan mahasiswa dengan  menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang PPKn dan pembelajarannya yang berwawasan multikultural.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi kearifan lokal. 
  4. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi mitra dan institusi lain sesuai bidang PPKn untuk mendukung pencapaian pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi.
  5. Menyelenggarakan tata pamong dan layanan yang transparan dan akuntabel untuk mendukung pencapaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang kependidikan dan pemerintahan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian di bidang kependidikan dan pemerintahan.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan pengabdian masyarakat di bidang kependidikan dan pemerintahan yang berorientasi kearifan lokal.
  4. Tercipta kerja sama dengan perguruan tinggi mitra dan institusi lain sesuai bidang PPKn untuk mendukung tercapaianya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Menghasilkan tata pamong dan layanan yang transparan dan akuntabel untuk mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Profil lulusan

Profil lulusan program studi PPKn S1 menghasilkan:

1. Pendidik dan peneliti di bidang PPKn

Pendidik: fasilitator pembelajaran PPKn yang kreatif, inovatif, memiliki kemampuan menggunakan teknologi  informasi untuk mengkaji perkembangan PPKn dan pembelajarannya, didukung kemampuan berorganisasi, berkomunikasi, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang berbasis budaya pancasila serta memiliki potensi  melanjutkan kependidikan  profesi dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Peneliti:  Mengkaji permasalahan PPKn dan Pemerintahan, mempublikasikan hasilnya dalam karya dan forum ilmiah, dengan dukungan kemampuan penguasaan IT, mengembangkannya ke jenjang lebih tinggi di bidang penelitian.

2. Aparatur Pemerintahan

Aparatur pemerintahan yang dapat melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, berintegritas tinggi, cermat, dan disiplin sesuai dengan ketentuan Undang-Undang, menguasai perkembangan IPTEKS, memiliki jiwa kepemimpinan dan pelayanan serta kemampuan memahami kebutuhan masyarakat.